Langsung ke konten utama

Artikel (Minat Membaca Siswa-Siswi)

Minat membaca siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih

Membaca, tentu saja kita tidak asing  lagi dengan kata tersebut. Sejak kecil kita sudah diajarkan membaca, entah itu membaca buku pelajaran, buku dongeng, buku cerita, dan buku lainnya. Seperti yang kita ketahui membaca adalah hal yang kita lakukan sehari-hari. Membaca pun tidak hanya membaca sebuah buku.

Membaca adalah hal yang di lakukan dengan cara membaca suatu rangkaian huruf yang dirangkai menjadi sebuah kata yang kemudian menjadi sebuah kalimat. Banyak hal yang kita dapatkan dari membaca, bayangkan jika kita tidak bisa membaca mungkin tidak ada yang bisa lakukan di dunia ini.

Mungkin di dunia ini masih banyak orang-orang yang tidak bisa membaca, seperti orang-orang yang hidup di daerah pedalaman, pedesaan, bahkan diperkotaan sekali pun. Sangat di sayangkan rasanya jika kita melihat hal ini. Faktor yang membuat mereka tidak bisa membaca adalah karena mereka tidak mendapat pendidikan ataupun karena mereka tidak bersekolah.

Sebenarnya belajar membaca itu tidak harus di sekolah, namun kebanyakan orang-orang berfikir bahwa untuk dapat membaca kita harus bersekolah dan untuk bersekolah mereka tidak mampu. Atau pun karena fasilitas yang tidak mendukung, seperti di pedesaan mungkin mereka yang ingin belajar membaca harus mengubur niatnya tersebut karena di desa mereka tidak memiliki tempat untuk belajar seperti sekolah dan ataupun mereka tidak memiliki pengajar untuk mengajar mereka. Seharusnya jika mereka memang memiliki niat untuk bisa membaca, mereka bisa belajar dengan bantuan seseorang yang bisa membaca dan mereka harus sering berlatih dengan membaca hal yang mereka bisa baca.

Hal yang mendukung kita agar bisa dan lancar membaca salah satunya adalah buku. Buku adalah gudang ilmu dan kita dapat mengetahui banyak hal melalui buku. Untuk bisa tau isi dari isi buku tersebut tentu saja tidak hanya dilihat namun juga kita harus membacanya. Maka dari itu buku dan membaca adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Mempunyai banyak buku, tidak bisa membaca buku tentu tak ada gunanya. Bisa membaca namun tidak ada buku juga tidak ada gunanya. Seharusnya jika kita bisa membaca, bacalah buku sebanyak-banyaknya karena dengan membaca kita dapat memngetahui banyak hal.

Membaca adalah hal yang dilakukan setiap hari oleh semua orang mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun, buku yang dibaca pun beraneka ragam mulai dari koran, majalah, buku pelajaran, novel, dan lain-lain. Membaca juga banyak dijadikan hobi oleh banyak orang termasuk saya.

Menurut saya membaca adalah hal yang sangat menyenangkan dengan membaca saya dapat mengetahui banyak hal, dari yang tidak tau bisa menjadi tau. Membaca yang sya lakukan pun tidak hanya berupa buku tetapi juga melaui media elektronik seperti melalui handphone, laptop, internet, dan juga melalui televisi.  Namun saya lebih memilih untuk membaca novel ataupun majalah daripada membaca buku pelajaran, karena menurut saya sebuah novel lebih menarik dari pada beberapa lembar buku pelajaran. Dalam waktu 1 hari mungkin saya dapat mebaca lebih dari 1 novel, sedangkan untuk membaca beberapa lembar buku pelajaran pun saya merasa tidak sanggup. Hal ini lah yang sering menimbulkan kemarahan bagi orang tua saya dan sebuah pertanyaan bagi saya, mengapa saya tidak bisa membaca buku pelajaran seperti halnya saya bisa membaca novel dengan sangat lancar. Maka dari itu saya mulai mengurangi hobi saya untuk membaca novel dan mencoba menggantinya dengan membaca buku yang berhubungan dengan pelajaran.

Mengapa remaja seperti saya lebih tertarik untuk membaca novel daripada membaca buku pelajaran? Mungkin pertanyaan ini lah yang sering muncul dibenak orang tua, menurut orang tua buku pelajaran itu lebih bermanfaat bagi anaknya. Padahal sebenarnya membaca novel itu dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas seseorang.

Novel adalah karya tulis yang dibuat menjadi sebuah buku yang  mengandung sebuah cerita nyata ataupun hanya fiktif belaka. Biasanya isi cerita di dalam novel bertemakan persahabatan, percintaan, penghianatan dan lain-lain. Para remaja lebih menyukai novel yang bertemakan persahabatan dan percintaan hal ini lah yang membuat para remaja lebih senang membaca novel daripada buku pelajaran. Namun tidak hanya itu, novel juga dapat dan banyak menginspirasi banyak orang, banyak juga novel yang diangkat menjadi sebuah film. Film yang diangkat dari sebuah novel antara lain ketika cinta bertasbih dan laskar pelangi.

Banyak buku yang dibuat semenarik mungkin agar menarik minat pembaca, mulai dari buku pelajaran hingga buku-buku cerita lainnya. Namun, meskipun buku pelajaran sudah dibuat semenarik mungkin masih banyak siswa atau anak sekolah yang malas untuk membaca buku pelajaran. Bagaimana solusinya? Mungkin di sinilah kelemahan anak-anak di Indonesia, mereka lebih berminat membaca sebuah buku cerita yang bergambar daripada membaca sebuah buku pelajaran. Bagaimana  minat membaca siswa-siswi RSMABI Negeri 2 Prabumulih?

                RSMABI Negeri 2 Prabumulih adalah sebuah sekolah di kota Prabumulih, provinsi Sumatera Selatan. Kalian pasti bertanya apa itu RSMABI? RSMABI adalah sebuah singakatan, yaitu Rintisan Seklolah Menengah Atas Bertaraf Internasional yang dimana sekolah SMAN 2 Prabumulih telah mencapai tahap merintis untuk menjadi sekolah bertaraf Internasional. Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mencapai predikat RSBI apa lagi untuk mencapai sekolah berpredikat SBI, Sekolah Bertaraf Internasional. Tentu saja kita semua berharap agar SMA Negeri 2 Prabumulih segera mendapat predikat sebagai SMABI atau Sekolah Menenngah Atas Bertaraf Internasioal.

Bagaimana minat membaca siswa-siswi RSMABI Negeri 2 Prabumulih? Membaca tentu saja hal yang setiap hari dilakukan oleh siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih. Mulai dari buku pelajaran ataupun buku bacaan lainnya. Tiada hari tanpa membaca. Mungkin kalimat itulah yang pantas diberlakukan di kawasan atau wilayah SMAN 2 Prabumulih, karena kegiatan belajar mengajar tentu saja berkaitan erat dengan membaca, tidak ada satu pelajaran pun yang tidak luput dari kegiatan membaca. Hal ini pun juga dapat membantu memningkatkan minat membaca di lingkungan SMAN 2 Prabumulih tentunya.

Meskipun membaca adalah hal yang dilakukan setiap hari oleh siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih, namun kebanyakan para siswa bukanlah membaca buku pelajaran melainkan membaca buku lainnya seperti novel, majalah ataupun membaca informasi dari sebuah media elektronik ataupun internet. Mungkin mereka banyak merasa bosan dengan buku pelajaran yang selalu mereka baca setiap hari. Pertanyaan yang timbul dari benak saya adalah apakah hal ini berdamapak buruk bagi siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih? dan apakah hal ini juga termasuk minat membaca siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih?

Belum banyak yang saya ketahui tentang sekolah ini, namun selama saya bersekolah di sekolah ini saya merasa minat belajar di SMAN 2 Prabumulih ini sudah cukup baik, karena sudah banyak fasilitas yang memadai mulai dari perpusatakaan yang dibuka setiap hari hingga majalah atau koran dinding yang terbit setiap minggu. Namun seharusnya perpustakaan banyak diisi dengan buku ilmu pengetahuan yang lebih banyak lagi, tidak hanya diiisi dengan buku-buku pelajaran agar siswa-sisiwi tidak bosan pergi ke perpustakaan. Serta agar minat membaca para siswa-siswi SMAN 2 Prabumulih tidak mengalami penurunan.

Saya berharap agar siswa-sisiwi SMAN 2 Prabumulih lebih sering untuk pergi ke perpustakaan dari pada pergi ke kantin. Karena banyak para siswa ataupun sisiwi beranggapan bahwa perpustakaan adalah tempat orang-orang yang cupu atau culun ataupun hanya tempat orang-orang pintar saja. Padahal sebenarnya perpustakkan adalah tempat yang menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan. Banyak juga perpustakaan yang isinya tidak hanya buku-buku, ada perpustakaan yang menyediakan fasilitas berupa komputer yang bisa mengakses internet sehingga orang-orang dapat mencari informasi tidak hanya melalui buku tetapi juga dapat melalui internet. Hal ini juga yang saya harapkan agar segera diterapkan di perpustakaan SMAN 2 Prabumulih.



“Membaca adalah adalah membuka jendela dunia”
“Buku adalah gudang ilmu penegetahuan”

“Jika kalian membaca buku maka kalian membuka jendela dunia dan membuka gudang ilmu pengetahuan”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salah Sangka (Drama)

Salah Sangka Di suatu kelas, di sebuah sekolah. Ada dua orang yang sedang asyik mengobrol di bangku kelas. Evi       : (menepak pundak Emha) “Hei Emha! Kamu sudah membayar uang kas kelas bulan ini belum?” Emha  : “Oh iya. (menepuk kepala) Aku lupa.” Evi       : “Untung ada aku yang mengingatkan. Cepat bayar, sebelum di tagih.” Emha  :  (membuka tas, mencari dompet) “Dompetku mana?” Evi       : (berteriak dan melotot) “Pasti ada yang mencuri.” Emha  : (berteriak) “Hey kalian semua! siapa yang mencuri uangku?” Evi       : “Nah iya, waktu kita sedang olahraga tadi hanya Lova lah yang tinggal di dalam kelas.” Emha  : “Benarkah?”             Emha melangkah menuju meja lova. Lova sedang duduk membaca buku. Emha  : (membentak meja) “Hey Lova! Mana dompetku ! pasti kamu mencurinya.” Lova    : (kaget dan gugup) “Dompet apa . . . ? aku tidak mencurinya.”             Evi yang mengikuti emha, mencoba menjelaskan kejadian itu. Evi       : “Sudahlah Lova, menga

Laporan Biologi Uji Zat Makanan

Laporan Biologi Laporan Biologi Uji Bahan Makanan   Disusun Oleh : Ferti Lova Heppy Kurniati Indah Pratiwi Irvandi Diantama Kelas : XI.IPA.4 Guru Pembimbing : Dra. Albaihaki SMA Negeri 2 Prabumulih T.A 2012/2012 Kata Pengantar Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Puji syukur Penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkatNyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pratikum ini. Tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan salam atas junjungan Rasulullah SAW yang telah membawa kita dari Alam yang gelap gulita menuju alam yang terang benderang Dalam penyusunan laporan hasil pratikum ini tentu saja jauh dari kesempurnaan. Kerena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik demi penyempurnaan dan perbaikan tugas ini. Akhirnya, kepada seluruh pihak yang turut memberikan partisipasi dalam terwujudnya hasil pratikum ini, tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih Mud

First watch a concert "WANNA ONE WORLD TOUR" ONE : THE WORLD In Jakarta

Hallo, Assalamualaikum, Anyeonghaseyo... Mau bagi pengalaman nonton konser untuk pertama kalinya, ya buat kenangan sih biar inget pernah nonton konser yang perjuangannya cukup berkesan. Konser pertama kan, semoga bisa lanjut konser-konser berikutnya. Aamiin. Perlu kenalan ga ya, kenalin aja deh siapa sih yang mau didatengin konsernya ini. Mereka terbentuk dari pilihan secara langsung, yaa idola pilihan semua orang lah. Mereka adalah idol jebolan program Produce 101 Season 2 dan mereka adalah Wannaone. Paksuuuuuu. Yaps, setelah sebelumnya mereka pernah dateng ke Indonesia buat 1st Fan Meeting di Jakarta bulan Januari 2018                  Waktu fan meeting ya mana kepikiran buat dateng hikss, akhirnya mencoba mendukung mereka lewat beli album aja, mengatasi rasa bersalah dengan beli album-album mereka. Beberapa bulan setelah fan meeting, muncul rumor kalo mereka bakal Wourld Tour, uwooo. Tapi kabarnya masih simpang siur sekali, terus katanya mereka ga