Langsung ke konten utama

Artikel (Sekolah Impian Masyarakat)

Sekolah Impian Masyarakat

Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sekolah merupakan salah satu tempat bagi para siswa untuk menuntut ilmu.  Melihat kenyatannya hingga sekarang sekolah masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat sebagai salah satu tempat untuk belajar, berlatih kecakapan, menyerap pendidikan, mengasah kemampuan anak, dan membantu proses mendewasakan anak.
Sekolah pada umumnya terbagi menjadi beberapa tingkatan mulai dari sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekolah-sekolah tersebut merupakan sekolah biasa yang menjadi tempat untuk seseorang mengenyam pendidikan. Selain sekolah tersebut masih ada sekolah tingkatan lanjutan lainnnya seperti perguruan tingi ataupun Universitas. Di Indonesia pendidikan dasar yang harus dimiliki seseorang adalah pendidikan tingakat dasar, yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun masih banyak orang Indonesia  yang tidak dapat bersekolah walaupun hanya sampai tingkat dasar. Mereka tidak memiliki biaya untuk bersekolah, karena untuk masuk sekolah formal dibutuhkan pakaian seragam, buku serta alat tulis, dan perlengkapan sekolah lainnya. Kebanyakan mereka hanya mampu bersekolah pada tingkat sekolah dasar saja, untuk melanjutkan ke tingkat menengah mereka masih merasa belum siap dan belum mampu.

Sekolah-sekolah di atas merupakan sekolah formal, sekolah formal adalah sekolah yang memiliki tingkat pembelajaran yang sama dan di sekolah tersebut memiliki guru sebagai pendidik dan murid sebagai penerima pendidikan. Sekolah formal pada umumnya memiliki banyak siswa, siswa tersebut di didik oleh para guru, siswa tersebut wajib mentaati peraturan sekolah.
Sekolah formal terbagi menjadi dua, yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri yaitu sekolah yang di kelola oleh pemerintah sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang di kelola oleh perorangan ataupun lembaga-lembaga tertentu.
Telah kita ketahui, pendidikan dasar di Indonesia sudah dibebaskan dari biaya perbulan atau SPP. Namun hanya Sekolah Negeri saja yang dibebaskan dari biaya oleh pemerintah, walaupun begitu masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya di Sekolah Swasta yang masih memungut biaya perbulan. Mereka menganggap Sekolah Swasta ataupun Sekolah Negeri itu sama saja.
Sekolah juga menjadi tempat para siswa untuk mengembangkan bakat dan prestasi, tempat mereka mencari dan mendapatkan teman. Lingkungan sekolah yang baik dapat menciptakan siswa yang baik pula. Dapat menciptakan bakat serta prestasi yang ada. Pendidikan sekolah yang tinggi dapat menjadikan seseorang menjadi orang yang lebih baik, mereka bisa mendpatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Nilai-nilai moral juga bisa kita dapatkan di sekolah, kita di ajarkan untuk selau berbuat baik, belajar saling membantu maupun tolong menolong, serta membiasakan seseorang untuk berperilaku jujur. Sekolah yang seperti ini lah yang tentu saja menjadi sekolah impian masyarakat.

Masyarakat yang tidak mampu untuk bersekolah juga memiliki keinginan untuk mendapatkan sekolah impian agar mereka juga dapat bersekolah seperti yang lainnya. Terutama untuk masyarakat yang kurang mampu, namun mereka memiliki prestasi yang sama dengan anak yang mampu untuk bersekolah. Mereka ingin tetap bersekolah, meujudkan cita-cita mereka.
Sudah selama hampir 7 tahun, pemerintah memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) untuk sekolah tingkatan dasar SD dan SMP. Untuk seluruh masyarakat Indonesia bagi yang mampu ataupun yang kurang mampu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kebodohan serta kemisikinan di Indonesia, pemerintah tentu saja berharap dengan adanya hal ini masyarakat Indonesia khususnya yang kurang mampu dapat mengenyam pendidikan dasar sampai tingkat SMP.
Sekolah impian masyarakat tidak hanya di pilih hanya karena prestasinya yang baik namun juga dipilih karena sekolah tersebut bersih, rapih, aman, dan nyaman sehingga menjadi sekolah yang dicari oleh para orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Orang tua yang baik tentu saja menginginkan sekolah yang terbaik untuk anaknya. Namun hal itu kembali lagi kepada diri anak masing-masing, jika ia ingin menjadi orang yang sukses, sekolah seperti apa saja tentu saja tidak akan mempengaruhi prestasi yang ia miliki.
Sebaiknya juga sekolah yang baik tentu saja sekolah yang mampu mengasah dan mengembangkan bakat prestasi siswa. Mempunyai fasilitas yang lengkap ataupun memadai, memiliki sistem belajar dan pengajar yang baik, kreatif dan inovativ agar dapat menciptakan sekolah yang benar-benar bisa menjadi sekolah impian masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salah Sangka (Drama)

Salah Sangka Di suatu kelas, di sebuah sekolah. Ada dua orang yang sedang asyik mengobrol di bangku kelas. Evi       : (menepak pundak Emha) “Hei Emha! Kamu sudah membayar uang kas kelas bulan ini belum?” Emha  : “Oh iya. (menepuk kepala) Aku lupa.” Evi       : “Untung ada aku yang mengingatkan. Cepat bayar, sebelum di tagih.” Emha  :  (membuka tas, mencari dompet) “Dompetku mana?” Evi       : (berteriak dan melotot) “Pasti ada yang mencuri.” Emha  : (berteriak) “Hey kalian semua! siapa yang mencuri uangku?” Evi       : “Nah iya, waktu kita sedang olahraga tadi hanya Lova lah yang tinggal di dalam kelas.” Emha  : “Benarkah?”             Emha melangkah menuju meja lova. Lova sedang duduk membaca buku. Emha  : (membentak meja) “Hey Lova! Mana dompetku ! pasti kamu mencurinya.” Lova    : (kaget dan gugup) “Dompet apa . . . ? aku tidak mencurinya.”             Evi yang mengikuti emha, mencoba menjelaskan kejadian itu. Evi       : “Sudahlah Lova, menga

Laporan Biologi Uji Zat Makanan

Laporan Biologi Laporan Biologi Uji Bahan Makanan   Disusun Oleh : Ferti Lova Heppy Kurniati Indah Pratiwi Irvandi Diantama Kelas : XI.IPA.4 Guru Pembimbing : Dra. Albaihaki SMA Negeri 2 Prabumulih T.A 2012/2012 Kata Pengantar Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Puji syukur Penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkatNyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil pratikum ini. Tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan salam atas junjungan Rasulullah SAW yang telah membawa kita dari Alam yang gelap gulita menuju alam yang terang benderang Dalam penyusunan laporan hasil pratikum ini tentu saja jauh dari kesempurnaan. Kerena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik demi penyempurnaan dan perbaikan tugas ini. Akhirnya, kepada seluruh pihak yang turut memberikan partisipasi dalam terwujudnya hasil pratikum ini, tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih Mud

First watch a concert "WANNA ONE WORLD TOUR" ONE : THE WORLD In Jakarta

Hallo, Assalamualaikum, Anyeonghaseyo... Mau bagi pengalaman nonton konser untuk pertama kalinya, ya buat kenangan sih biar inget pernah nonton konser yang perjuangannya cukup berkesan. Konser pertama kan, semoga bisa lanjut konser-konser berikutnya. Aamiin. Perlu kenalan ga ya, kenalin aja deh siapa sih yang mau didatengin konsernya ini. Mereka terbentuk dari pilihan secara langsung, yaa idola pilihan semua orang lah. Mereka adalah idol jebolan program Produce 101 Season 2 dan mereka adalah Wannaone. Paksuuuuuu. Yaps, setelah sebelumnya mereka pernah dateng ke Indonesia buat 1st Fan Meeting di Jakarta bulan Januari 2018                  Waktu fan meeting ya mana kepikiran buat dateng hikss, akhirnya mencoba mendukung mereka lewat beli album aja, mengatasi rasa bersalah dengan beli album-album mereka. Beberapa bulan setelah fan meeting, muncul rumor kalo mereka bakal Wourld Tour, uwooo. Tapi kabarnya masih simpang siur sekali, terus katanya mereka ga